Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok yang Super Ampuh dan Super Murah


12 Oktober 2018

Sebagai pecinta ayam aduan, kita harus tahu cara membuat racikan pakan ayam yang hemat pengeluaran. Sebab selain untuk menghemat uang pakan ayam, kita juga bisa menjamin kualitas an gizi dari pakan yang kita berikan karena kita mengolahnya sendiri.

Salah satu permasalahan bagi botoh pemula yaitu ketika hendak memberikan ayam aduannya makan. Biasanya ia memberikan pakan yang tidak sesuai dengan tahapan umur ayam aduan. Misalnya saja pakan anak ayam bangkok berumur 2 bulan disamakan dengan pakan ayam bangkok berumur 10 bulan.

Sebetulnya banyak sekali cara untuk membuat racikan pakan ayam bangkok yang bergizi dan bernutrisi, seperti Pur 591, Pur 592, Umbi umbian, Ampas tahu, Menir dan juga Dedak. Ayam bangkok tidak harus selalu diberikan pakan berupa jagung, gabah dan beras merah, karena jenis pakan lainnya pun bia memenuhi kebutuhan gizi ayam aduan.

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok

Berikut ini cara ampuh yang bisa anda lakukan dirumah untuk membuat racikan pakan ayam bangkok berdasarkan tahapan usianya.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Umur 0 - 3 Bulan.

Ayam bangkok yang baru menetas, alangkah baiknya diberikan Pur 592 atau konsentrat. Tetapi seletah ayam menginjak umur 1 bulan, campurkan Pur 592 dengan nasi atau ampas tahu, menir jagung dan juga tepung ikan. Selain dengan pakan tersebut, ayam bangkok umur <3 bulan juga bisa diberikan Provit dan Herb Calsium.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Lancuran dan Indukan Ayam Bangkok

Yang tergolong kedalam ayam bangkok lancuran yaitu ayam bangkok yang berumur lebih dari 4 bulan. Yang mana pada masa ini, semua asupan gizi pada tubuh ayam harus terpenuhi. Pakan yang diberikan pada ayam bangkok > 4 bulan pun hampir sama dengan anakan ayam bangkok. teapi untuk ayam bangkok indukan, kita bisa berikan jagung yang dicampurkan denan dedak, gabah, uni ataupun nasi sebagai pengganti Pur ayam. Selain itu, kita juga bisa tambahkan bahan makanan lainnya seperti sedikit tepung ikan ataupun sayuran.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Dewasa

Yang termasuk ayam bangkok dewasa ialah ayam yang sudah memasuki umur 7 bulan keatas dan susah mulai berkokok. Pada masa ini, ayam bangkok sudah siap adu dan harus diberikan perawatan yang ekstra agar ayam bisa menjadi pertarung yang hebat. Pakan yang biasanya diberikan pada ayam bangkok dewasa adalah jagung, gabah dan beras merah. Tetapi jika anda ingin mengkombinasikan dengan bahan makanan lainnya pun bisa kita lakukan, seperti menambhkan sayuran dan tepung ikan untuk menambah nilai gizi yang ada didalam pakan.

Pemberian pakan juga harus diberikan pada waktu yang tepat agar proses perkembangan ayam bisa maksimal. Waktu yang tepat untuk memberikan ayam pakan yaitu ketika pagi hari dan menjelang sore hari. Ketika pagi hari, kita bisa berikan pakan secukupnya saja pada ayam aduan. Yang penting perut ayam tidak kosong. Lalu ketika sore hari, kita bisa berikan pakan dengan porsi yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan porsi waktu sarapan pagi.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan tentang cara membuat racikan pakan ayam bangkok yang murah meriah. Banyak sekali pecinta ayam aduan yang mengatakan bahwa menggunakan cara diatas sangat membantu sekali karena bisa menghemat pengeluaran uang dalam pemberian pakan ayam bangkok dan dompet pun tidak terlalu tipis pada akhir bulan. Jadi tidak heran lagi, kalau cara racikan ini sering dipakai oleh para peternak ayam bangkok aduan.



Baca juga
  » 16 Oktober 2018
Khasiat Kunyit Untuk Pemulih Kesehatan Ayam Bangkok Petarung
Kunyit adalah salah satu jenis apotek hidup yang sering sekali dijadikan jamu tradisional yang berguna untuk

  » 16 Oktober 2018
Manfaat Buah dan Daun Pepaya Untuk Ayam Bangkok Aduan Berkualitas
Buah pepaya adalah buah yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat