Obat Cacing Ayam Tradisional paling Ampuh


22 September 2018

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang menyerang pencernaan ayam aduan. Penyakit ini ada akibat adanya inveksi platyhelmintes yang membuat ayam tampak lesu dan pucat, selera makan berkurang, dan lama – kelamaan membuat kemampuan tarung ayam menurun.

Cacingan pada ayam harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan dampak yang berlarut – larut. Pengobatan bisa dilakukan dengan mudah yaitu dnegan menggunakan obat tradisional, maupun obat cacing untuk ayam yang ada di toko hewan terdekat, seperti Obat Cacing Import. Berikut ini kami akan mengulas beberapa jenis obat cacing untuk ayam secara lengkap.

Obat Cacing Untuk Ayam Aduan

Ada 2 jenis obat untuk mengatasi cacingan pada ayam yaitu obat tradisional yang terbuat dari bahan herbal maupun obat cacing khusus ungas yang bisa diperoleh di apotek. Kami sarankan untuk menggunakan obat tradisional, supaya tidak perlu mengeluarkan uang, dan juga lebih aman bagi ayam.

1. Buah Pinang
Pertama, obat cacing yang biasa dipakai oleh para penghobi ayam adalah Buah Pinang. Buah pinang ini sangat ampuh untuk mengeluarkan cacing yang tinggal di usus ayam. Untuk membuat obat cacing berbahan buah ini, caranya yaitu:

- Pertama siapkan satu buah pinang muda yang masih segar, kupas kulitnya kemudian iris kecil – kecil supaya lebih mudah untuk di telan.
- Selanjutnya, biarkan tembolok ayam kosong dengan tidak memberikannya makan setengah hari
- Lolohkan irisan buah pinang ke mulut ayam. Supaya lebih mudah untuk di telan, lebih dulu celupkam irisan tersebut kedalam minyak kelapa.
- Jika irisan buah pinang telah tertelan semua, beri ayam bangkok minum dengan spon basah yang di peras.
- Pijat temboloknya secara perlahan supaya buah pinangnya cepat larut dalam air mium nya.
- Masukan ayam ke kandang dan biarkan selama beberapa jam. Lihatlah cacing yang selama ini tinggal di usus ayam keluar bersama kotorannya.

Setelah diberi obat cacing buah pinang ini, ayam anda akan lemas selama 2-3 hari. Selama itu, jangan pernah memasukan ayam tersebut ke arena laga. Upayakan agar ayam beristirahat, dan bila perlu berikan jamu supaya staminanya bertambah.

2. Tembakau
Tembakau juga bisa dijadikan untuk mengobati cacing ayam aduan. Tembakau yang digunakan untuk pengobatan harus yang masih segar. Cara pengobatannya yaitu lolohkan 3 x 1 irisan daun tembakau berukuran jempol tangan ketika tembolok kosong. Ayam aduan yang diberi ramuan ini akan terlihat pusing, kepalanya geleng – geleng dan matanya berai selama 1 hari. Hal ini terjadi karena adanya nikotin didalam tembakau.

3. Daun Pepaya Muda
Daun pepaya muda selain bisa menyembuhkan cacingan pada ayam, juga bisa untuk meningkatkan selera makan ayam.

Cara penggunaan obat ini hampir sama dengan buah pinang dan daun tembakau. Racikannya bisa divariasikan dengan bahan lain seperti daun pete cina, bawang putih, dan jahe. Penggunaan ramuan ini tidak akan menimbulkan efek langsung pada ayam aduan seperti buah pinang dan tembakau.

4. Jika anda kesulitan mendapatkan bahan – bahan herbal diatas, anda juga bisa menggunakan obat cacing ayam bangkok yang bisa dibeli di apotek. Obat cacing kemasan yang kami sarankan yaitu Obat Cacing Import. Pastikan untuk membaca cara pakai dan dosis yang sudah tertera pada kemasan obat sebelum memberikannya pada ayam kesayangan.

Nah, demikianlah uraian tentang obat cacing untuk ayam bangkok beserta cara pakainya. Semoga bermanfaat!



Baca juga
  » 16 Oktober 2018
Khasiat Kunyit Untuk Pemulih Kesehatan Ayam Bangkok Petarung
Kunyit adalah salah satu jenis apotek hidup yang sering sekali dijadikan jamu tradisional yang berguna untuk

  » 16 Oktober 2018
Manfaat Buah dan Daun Pepaya Untuk Ayam Bangkok Aduan Berkualitas
Buah pepaya adalah buah yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat