Mesin Tetas Telur


11 Januari 2017

MESIN TETAS TELUR

 

Telur pada umumnya baik itu telur ayam, telur bebek, telur puyuh atau jenis unggas lainnya dalam menghasilkan anakan adalah dengan proses pengeraman. Namun, dengan berkembangnya teknologi yang serba mudah ini telur dapat ditetaskan dengan cara artifisial atau dengan pengeraman buatan. Penetasan telur yang berkembang saat ini adalah penetasan dengan menggunakan sebuah mesin penetas telur yang beragam macamnya.

Mesin penetas telur atau biasa disebut dengan incubator modern yang merupakan suatu alat tertutup dengan temperature kelembapan dan ventilasi yang dapat diatur. Selain untuk menetaskan telur ayam, alat ini juga dapat digunakan untuk menetaskan telur bebek dan telur puyuh dengan metode yang hampir sama.

Mesin telur biasanya terbuat terbuat dari bahan multipleks dan MDF (Medium Density Fiberboards), ada juga yang menggunakan bahan alumunium agar lebih awet dan ringan sehingga lebih murah di ongkos pengniriman barangnya. Namun, biaya produksi pada bahan ini cukup mahal. Selain itu, ada pula mesin tetas telur yang terbuat dari plastic yang merupakan barang import. Namun, kualitas mesin tetas ini harganya relative lebih mahal tetapi mesin tetas telur ini lebih awet karena tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. 

Jual Mesin Tetas Telur

Kami sahabatayam.com menjual mesin tetas telur yang terbuat dari multipleks yang memiliki kapasitas telur 30-100 butir per boxnya. Prinsip kerja dari mesin tetas yaitu mengkondisikan telur seperti berada dalam eraman induknya. Hal yang perlu diperhatikan ketika menetaskan telur adalah telur yang akan ditetaskan, serta orang yang memiliki ketelatenan, keuletan dan ketelitian. Keunggulan yang akan diperoleh jika menetaskan telur dengan mesin tetas yaitu jumlah telur yang dapat kita tetaskan bisa lebih banyak jumlahnya, dari ratusan sampai ribuan bahkan ratusan ribu telur, tergantung kapasitas tampung dari mesin yang digunakan.

Selama ini, kebanyakan mesin tetas di industri peternakan masih menggunakan sistem konvensional atau tradisioanal, di mana pemutaran telur untuk mendapatkan distribusi temperatur yang merata pada permukaan telur dilakukan secara manual. Untuk mesin tetas konvensional, dalam satu hari telur diputar sebanyak 4 kali setiap 6 jam dengan presentase keberhasilan penetasan didapatkan sekitar 60%-70%.

Cara kerja mesin penetas  telur yang kami buat cukuplah mudah. Caranya adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dulu berapa banyak telur yang akan ditetaskan. Jika hendak menetaskan 100 butir telur per periode tentunya tidak efektif jika menggunakan mesin penetas telur yang berkapasitas 500 butir telur. Periksa dengan teliti dan seksama kelengkapan mesin penetas dan pastikan dapat beroperasi dengan baik dengan suhu dan kelembaban yang pas sebelum telur dimasukka kedalam mesin penetas.

Suhu yang ideal mesin penetas telur adalah berkisar 37-38 derajat celcius. Meskipun pada suhu 36-40 derajat telur dapat menetas. Proses penetasan telur yang pertama adalah dengan memasukkan telur ke mesin tetas sebelumnya telah diperiksa terlebih dahullu apakah mesin siap untuk digunakan dan terhindar dari kendala-kendala yang akan dihadapi pada hari berikutnya dan tak lupa untuk disemprotkan disinfektan pada mesin penetas dan membersihkan telur dari berbagai macam kotoran. Selanjutnya selama 3 hari pertama telur didiamkan saja dalam mesin dan tidak perlu dibuka dan tidak perlu dilakukan pembalikan telur. Untuk suhu pada mesin tetas cukup dipastikan untuk konstan. Setelah 3 hari telur dapat disortir mana yang akan menjadi anakan dan mana yang akan dipisihkan. Memasuki hari keempat samapi hari ke-18 telur wajib dibolak-balik sehari 2-6 kali. Frekuensi pembolak-balikan telur ini akan mempengaruhi daya tetas telur. Sehingga jika semakin sering dibolak-balikkan maka akan daya tetasnya baik.

Jual Mesin Penetas Telur

Telur perlu diangin-anginkan selama kurang lebih 10-15 menit pada hari keempat dan proses ini perlu dilakukan setiap 3-4 hari sekali sampai hari ke-18. Pada masa pengeraman yang harus diperhatikan adalah suhu dan kelmbaban udara. Jika sekiranya dirasa kuranng lembab telur dapat disemprot dengan air hangat. Pada hari ke-18 telur bisa tidak dibolak-balik lagi. Cukup didiamkan dalam mesin. Kemudian mesin tetas dititp dan cukup dikontrol parameter suhu ruangan dan kelembabannya. Stelah hari ke 21  telur ayam akan menetas. Anak ayam yang baru menetas harus dipindahkan ke tempat yang memiliki suhu sama dengan mesin tetas.

Kami sahabatayam.com menjual mesin tetas telu dengan kapasitas 30 butir sampai dengan 100 butir. Harga dari mesin tetas ini sangat beragam. Dari mesin yang berkapasitas 30 butir harganya adalah 430 ribu rupiah. Mesin tetas kapasitas 50 butir dengan harga 530 ribu rupiah, mesin tetas dengan kapasitas 70 butir berharga 550 ribu rupiah dan mesin kapasitas 100 butir adlah seharga 570 ribu rupiah. Harga ini belum termasuk ongkos kirim.



Baca juga
  » 11 Januari 2017
Tas Ayam Aduan
Tas Ayam yang Sangat Cocok untuk Tempat Ayam Aduan

  » 11 Januari 2017
Vitamin Ayam
Berbagai Macam Vitamin Ayam yang Sangat Baik Untuk Kebutuhan Ayam